21 Contoh Teks Cerita Fabel Singkat dan Strukturnya

Dalam kesempatan ini guys kita akan sajikan kepada kamu beberapa contoh teks cerita fabel singkat dan strukturnya yang bisa kamu amati dan tentu saja bisa membuat cerita fabel nanti dengan mudah apapun temanya. Contoh dalam cerita ini akan mengambil hewan pada umumnya dan ini wajib ya ok langsung saja cekidot.

Hai kali ini admin akan memberikan 3 Contoh teks cerita fabel singkat dan strukturnya. Struktur teks cerita fabel tersebut terdiri dari ; Orientasi, Komplikasi, Resolusi, dan Koda. Tema contoh teks cerita fabel kali ini yaitu dongeng atau cerita tentang binatang, hewan, dan juga persahabatan yang dari setiap contoh teks tersebut juga akan dijelaskan pesan atau moral yang ada dalam teks cerita fabel.

CONTOH TEKS CERITA FABEL

Dibawah ini akan ada beberapa contoh teks cerita fabel singkat tentang hewan yang lengkap dengan strukturnya, yang diantaranya berjudul “Tiga Ikan”, “Seekor Rubah dan Seekor Kucing”, lalu contoh yang terakhir yaitu “Beruang dan Lebah”

contoh teks cerita fabel

Contoh 1 : Tiga Ikan

Contoh teks cerita fabel ini singkat ini akan menceritakan tentang kisah tiga ikan yang hidup dalam sebuah kolam. Silahkan dibaca untuk lebih lanjut.

Tiga Ikan

Orientasi
Suatu ketika, terdapatlah tiga ikan yang hidup di sebuah kolam. Di suatu sore, beberapa nelayan melewati kolam tersebut dan melihat ikan-ikan itu. “Kolam ini penuh dengan ikan”, merka berbicara satu sama lain dengan bergairah. “Kita belum pernah memancing di sini sebelumnya. Kita harus datang lagi besok pagi dengan jaring kita dan manangkap ikan-ikan ini!” Kemudian nelayan-nelayan tersebut pergi.

Komplikasi
Ketika ikan yang paling tua mendengar ini, dia gelisah. Dia memanggil ikan-ikan yang lain dan berkata, ‘Apakah kamu dengar apa yang dikatakan nelayan itu? Kita harus meninggalkan kolam ini. Nelayan itu akan kembali besok dan membunuh kita semua!’ Ikan kedua setuju. ‘Kamu benar’, dia berkata. ‘Kita harus meninggalkan kolam ini.’

Tetapi ikan yang paling muda tertawa. ‘Kamu cemas tanpa ada alasan’, dia berkata. ‘Kita telah tinggal di kolam ini semur hidup kita, dan tidak ada nelayan yang datang kesini. Kenapa harus orang-orang itu kembali? Saya tidak akan pergi kemana-mana – keberuntunganku akan menyelamatkan ku.’

Resolusi
Ikan tertua meninggalkan kolam tersebut pada sora hari dengan seluruh keluarganya. Ikan kedua melihat nelayan datang di kejauhan pada pagi hari dan meninggalkan kolam tersebut dengan seluruh keluarganya. Ikan ketiga tetap menolak untuk pergi.
Nelayan tersebut pun datang dan menangkap semua ikan yang tertinggal di kolam. Keberuntungan ikan ketiga tidak menyelamatkannya – dia juga tertangkap dan dibunuh.

Koda
Ikan yang cemas dahulu dan bertindak sebelum nelayan datang dan ikan yang tertindak ketika nelayan datang bershasil selamat. Tetapi ikan yang mempercayakan hanya pada keberuntungan dan tidak berbuat apa-apa semuanya mati. Begitu juga pada kehidupan.

Contoh 2 : Seekor Rubah dan Seekor Kucing

Contoh teks cerita fabel yang kedua ini menceritakan dua binatang yaitu rubah dan kucing yang sedang bercakap-cakap dengan sifat dan watak yang berbeda.

Seekor Rubah dan Seekor Kucing

(Orientasi)
Suatu ketika ada seekor kucing dan seekor rubah sedang bercakap-cakap. Si rubah, adalah makhluk sombong, yang membual betapa pintaranya dia. “Kenapa, saya tahu setidaknya seratus cara untuk menjauh dari musuh kita bersama, anjing-anjing,” katanya.

(Komplikasi)
“Saya hanya tahu satu trik untuk menjauh dari anjing,” kata si kucing. “Kamu harus mengajar saya beberapa trik dari kamu!”

“Yah, mungkin suatu hari nanti, ketika saya punya waktu, saya bisa mengajarkan beberapa trik yang lebih sederhana,” jawab rubah enteng.

Saat itu mereka mendengar gonggongan dari anjing-anjing di kejauhan. Gonggong tersebut semakin keras dan keras – anjing-anjing tersebut datang ke arah mereka!

(Resolusi)
Seketika itu pun kucing tersebut berlari ke pohon terdekat dan naik ke cabang di luar jangkauan anjing apapun. “Ini adalah trik yang kuceritakan, satu-satunya yang saya tahu,” kata si kucing. ‘Mana dari seratus trik kamu yang akan kamu gunakan?’

(Coda)
Rubah tersebut pun duduk diam di bawah pohon, bertanya-tanya trik mana yang ia harus gunakan. Sebelum dia bisa mengambil keputusan, anjing-anjing tersebut pun tiba. Mereka menhajar rubah tersebut dan mencabik-cabiknya.

Moral: Satu rencana yang bekerja lebih baik dari seratus rencana yang masih diragukan.

Contoh 3 : Beruang dan Lebah

Dan contoh teks cerita fabel yang terakhir ini menceritakan binatang beruang dan lebah yang ada di dalam hutan. Untuk lebih jelasnya simak saja contohnya.

Beruang dan Lebah

Suatu hari seekor beruang berjalan di sepanjang hutan untuk mencari makanan. Beruang berniat mencari buah-buahan untuk bekal makanan selama beberapa hari. Tanpa sengaja beruang menemukan sebuah pohon yang tumbang. Pohon tersebut ternyata dihuni oleh lebah yang tengah membuat sarang. Beruang pun penasaran dengan sarang lebah tersebut.

Beruang mulai mengendus-endus sarang dengan hidungnya. Dengan berhati-hati beruang melihat ke dalam sarang. Beruang berharap lebah tidak sedang berada di dalam sarang sehingga ia bisa mengambil madu yang ada di dalamnya.

Malang bagi beruang ternyata pada saat ia menengok ke dalam sarang, kawanan lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari makanan dari bunga-bunga. Tidak dapat dihindari kawanan lebah yang berjumlah ribuan tersebut menyerang beruang.

Dengan keras beruang mencoba melawannya dan berlari untuk menuju rumahnya. Tetapi kawanan lebah semakin ganas dan justru memanggil lebah dari beberapa sarang yang ada di hutan untk membantu mengejar beruang. Pada akhirnya, beruang tidak bisa menghindar dan merelakan tubuhnya digigit habis oleh kawanan lebah.

Amanat: tidak boleh tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu dan memikirkan perasaan orang lain yang mungkin terganggu dengan apa yang akan kita lakukan.