Pengertian Struktur Ciri Ciri Teks Anekdot Plus Contohnya Terbaru

Pengertian Struktur Ciri Ciri Teks Anekdot Plus Contohnya Terbaru dimana ciri khas dari teks anekdot yang lucu dan menindir ini masuk dalam pelajaran bahasa indonesia dan kalian harus bisa membuat sendiri contohnya dengan memahami dulu apa ciri ciri pengertian dan strukturnya yang akan kami sajikan disini.

Hai guys, kali ini saya mau berbagi sebuah artikel bermanfaat lainnya yaitu Pengertian Teks Anekdot. Materi yang kita dapatkan di SMA ini mempunyai sebuah sisi menarik yang bisa menghibur kita sebagai pembacanya. Tapi pada artikel ini yang akan kita bahas tidak sebatas pengertian saja, tetapi kita juga akan membahas struktur teks anekdot dan juga ciri-ciri teks anekdot, sehingga dengan begitu sobat semua bisa mengetahui bahkan membuat sebuah teks anekdot yang bisa membuat orang lain terhibur. Oke tidak usah membuang-buang waktu lagi, ini dia materi tentang apa itu teks anekdot.

Pengertian Teks Anekdot yang Lucu

Pengertian Teks Anekdot

Apa itu teks anekdot? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut saya sudah memberikan pengertian dari anekdot yang lengkap sebagai berikut:Teks Anekdot adalah sebuah teks cerita singkat yang didalamnya mengandung unsur yang menghibur karena terdapat sebuah hal lucu didalamnya namun juga terdapat unsur kritikan/sindiran yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dari seorang tokoh.

Dari pengertian diatas, terlihat bahwa teks anekdot menggambarkan sebuah peristiwa yang dialami seorang tokoh dengan dibumbui hal-hal yang lucu yang memiliki tujuan untuk menyindir atau mengkritik sesuatu hal yang dianggap tidak pantas, tetapi masih terus terjadi

Struktur Teks Anekdot Secara Urut

Nah setelah kita memahami tentang definisi dari teks anekdot, selanjutnya kita akan melihat struktur yang membangun teks anekdot itu sendiri, silahkan disimak:
  1. Abstraksi, adalah bagian awal dari cerita yang digunakan untuk memperkenalkan atau memberi gambaran mengenai isi dari cerita itu.
  2. Orientasi, adalah bagian yang menunjukkan suasana yang terjadi pada awal cerita.
  3. Krisis, adalah bagian yang berisi hal-hal lucu dan menarik, biasanya sering disebut sebagai puncak masalah.
  4. Reaksi, adalah bagian yang berisi solusi dari permasalahan yang terjadi pada bagian krisis tadi.
  5. Koda, adalah bagian akhir dari cerita yang berisi kesimpulan dari cerita tersebut.
Itu tadi 5 struktur dari teks anekdot yang wajib sobat ketahui jika ingin membuat sebuah teks anekdot yang lucu dan menarik.

Ciri-Ciri Teks Anekdot yang Membuatnya Unik

Nah, yang membuat teks anekdot beda dari teks yang lain adalah salah satunya yaitu ceritanya lucu dan menarik. Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan membaca:
Ciri-Ciri Teks Anekdot:
  1. Ceritanya yang lucu dan menarik.
  2. Biasanya berisi beberapa kalimat sindiran atau kritikan.
  3. Menceritakan seseorang dalam suatu kejadian.
  4. Memiliki tujuan tertentu